Balai Besar Karantina Kesehatan Medan Ikuti Pelatihan Basic Life Support (BLS) Bersama Gadar Medik Indonesia

Sebanyak 25 peserta dari Balai Besar Karantina Kesehatan Medan berpartisipasi dalam pelatihan Basic Life Support (BLS) yang dilaksanakan di Hotel Hermes Palace, Medan, pada tanggal 17-18 September 2024. Diselengarakan oleh Gadar Medik Indonesia dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam menangani situasi darurat medis, termasuk pertolongan pertama pada henti jantung dan cedera serius lainnya.Pada hari pertama, setelah sesi pre-test dan pembukaan, peserta mengikuti materi tentang Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) yang disampaikan oleh Nurlinda, S.Kep., serta teknik Bantuan Hidup Dasar (BHD) yang dipandu oleh Safrinal Siregar, AMK. Selain itu, peserta juga dilatih dalam penilaian awal korban dan manajemen saluran pernapasan (Airway & Breathing Management).
Peserta juga melakukan praktek langsung dengan bimbingan instruktur. Kegiatan praktek ini mencakup penilaian awal korban, penerapan BHD, serta teknik manajemen saluran pernapasan. Para peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk memastikan setiap individu mendapatkan perhatian dan bimbingan yang optimal selama sesi praktek.Hari kedua dimulai dengan refleksi yang dipimpin oleh Irawan, S.Kep., Ners., dilanjutkan dengan materi mengenai penanganan trauma dan luka bakar. Pelatihan ini juga mencakup praktek stabilisasi, evakuasi, dan transportasi pasien dalam situasi darurat, yang dipandu oleh tim instruktur. Para peserta diberikan kesempatan untuk mempraktikkan langsung teori yang telah mereka pelajari.
Farah Hutami Nurhafizhoh, sebagai staff admin pelatihan, turut mendukung kelancaran seluruh kegiatan ini. Pelatihan diakhiri dengan post-test untuk mengukur peningkatan pengetahuan peserta.
Kegiatan ini tidak hanya bertujuan memperkuat keterampilan tenaga medis, tetapi juga memberikan pengetahuan praktis bagi peserta non-medis dalam menghadapi kegawatdaruratan. Dengan kemampuan dasar yang dimiliki oleh seluruh peserta, baik medis maupun non-medis, mereka dapat bersama-sama membantu dalam situasi darurat. Pelatihan ini mendukung fungsi Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Medan dalam pelaksaan pelayanan kesehatan dan kegawatdaruratan dan situasi khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *