Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Medan Ikuti Workshop Fundamental Statistik dengan Metode MSD

Pada tanggal 27 September 2024, Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Medan mengikuti Workshop Fundamental Statistik dengan Metode MSD (Simpel Tegakkan Diagnosis, Tentukan Besar Sampel, dan Analisis), yang diselenggarakan oleh CV. Metode MSD di Hotel Grand Mercure Medan. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB ini menghadirkan M. Sopiyudin Dahlan, dr., M.Epid., M.Fil. sebagai narasumber utama. Beliau adalah pendiri Metode MSD dan CEO CV. Metode MSD, serta penulis lebih dari 25 buku terkait statistik dan metode penelitian kedokteran dan kesehatan.

Partisipasi pegawai Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Medan dalam workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas staf dalam hal pemahaman statistik serta analisis data kesehatan yang diperlukan dalam pengambilan keputusan berbasis data. Keterampilan ini penting pegawai dalam mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Medan.

Workshop ini mencakup berbagai materi penting, di antaranya:

  1. Deskriptif vs Analitik
  2. Kategorik, Numerik, dan Rate
  3. Sensitivitas, Spesifisitas, dan AUC
  4. Kesesuaian
  5. Komparatif vs Korelatif
  6. Ordinal vs Nominal
  7. Berpasangan
  8. Jumlah Kelompok dan Pengukuran
  9. Bivariate vs Multivariat
  10. Resume, Rumus Slovin, dan Federer
  11. Contoh Diagnosis Aksis Deskriptif
  12. Contoh Diagnosis Kerangka Konsep Etiologik
  13. Contoh Diagnosis Kerangka Konsep Prediktif
  14. Tugas Self-Diagnosis

Selama workshop, peserta diajak untuk memahami perbedaan antara data deskriptif dan analitik, cara mengukur kategori, sensitivitas, spesifisitas, hingga pengukuran kesesuaian data. Tak hanya itu, metode MSD juga menekankan pentingnya diagnosis statistik yang akurat untuk mendukung kerangka konseptual di bidang kesehatan.

Dengan materi yang komprehensif dan penyampaian yang sistematis dari M. Sopiyudin Dahlan, dr., M.Epid., M.Fil. Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Medan optimis bahwa hasil dari workshop ini akan membantu dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan yang lebih baik di masa mendatang, terutama dalam situasi yang memerlukan respons cepat dan akurat berbasis data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *